06 April 2009

Menggunakan Social Media Digg Untuk Menjadi Populer

Ditulis Oleh tetsuogravatarcloseAuthor: tetsuo Name:
Site: http://anne-ahira.teddysiswanto.com

Dalam mengoptimasi blog/website kita, salah satu upaya kita untuk mencapainya adalah dengan cara tagging, seperti yang diajarkan oleh bu guru kita Anne Ahira. Seringkali kita melakukan tagging dengan cara memakai social media/bookmarking maupun free article submission. Digg.com adalah salah satu social media yang tergolong besar dan mempunyai banyak anggota. Berbicara tentang internet marketing, tentu kita semua sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini.

Fungsi Digg.com sebenarnya adalah : Tempat dimana pengguna internet dapat berbagi cerita maupun berita yang diperoleh dari web/blog lain. Para pengguna digg dapat memberikan ‘vote’ dengan cara men-’digg’ artikel tersebut, yang menandakan bahwa artikel tersebut disukai. Semakin banyak sebuah arikel mendapat digg bararti semakin favorit artikel tersebut, dan berkesempatan untuk tampil di halaman pertama digg.com sehingga memungkinkan untuk dilihat oleh jutaan pengunjungnya.

Tidak berhenti disana, digg juga menyediakan fasilitas untuk memberikan komentar dan berkomunitas sesuai dengan topik yang disukai.

Seringkali disinilah juga tempatnya para internet marketer ‘memasarkan diri’ atau dengan kata lain menyebarkan pengaruh mereka ke dunia online. Dengan membuat dan menyebarkan topik yang relevan, bila dikerjakan dengan benar, popularitas akan dapat dicapai.

Kalau kita melihat keanekaragaman topik yang diminati oleh semua individu dalam sebuah komunitas, maka akan sulit sekali kita menarik perhatian semua orang tanpa kecuali. Betapa pintarnya anda dalam membuat sebuah artikel, bila artikel tersebut hanya berbicara tentang topik tertentu, maka dia akan menjadi perhatian hanya sebagian orang saja, tidak untuk seluruh komunitas. Nah, bagaimana caranya agar kita dapat ‘menyentuh hati’ semua orang tanpa kecuali?

Memang hal tersebut adalah sesuatu yang sangat sulit untuk dicapai, namun sebenarnya jawabnya cukup simpel.
:)
Dengan memberikan label sesuai dengan komunitas tesebut, kita akan dapat menarik perhatian seluruh member. Dalam hal ini ‘label’ yang digunakan adalah Digg. Semua member Digg.com tanpa kecuali, sedikit atau banyak pasti akan ‘related’ dengan label tersebut.

Barusan ini saya menemukan sebuah ‘kasus’ yang unik dan saya pandang menarik untuk dibagikan dan dipelajari oleh kita semua para Asian Brainers yang lain.

Mari kita lihat kisah Kina Grannis, penyanyi Amerika yang berpartisipasi dalam ‘Crash the Super Bowl’. Untuk maju ke babak final, dia memerlukan ‘vote’ dari sebanyak mungkin pemirsa. Kina menulis lagu tentang Digg.com, merekamnya dalam video, lalu mem-’post’ kan ke digg.com, dengan judul “Cute Girls Sing Awesome Song About Digg”. Video ini ditempatkan dalam blognya disertai pesan agar orang-orang mau memberikan ‘vote’ untuknya.

Video disertai lirik lagunya dapat anda lihat di blog Anne Ahira saya.

Respon yang terjadi sangat luar biasa. Banyak orang menyukai lagu Kina. Bahkan Techcrunch dan Techmeme juga memuat artikel Kina, sehingga memungkinkan video ini tersebar lebih luas lagi. Sampai saat ini video Kina Grannis di YouTube telah dilihat sebanyak lebih dari 277.000 kali.

So, bagaimana pendapat para Asian Brainers setelah melihat ‘penampilan’ Kina Grannis tadi? Semoga menimbulkan banyak ide kreatif lainnya. Tetap semangattt…!!!
:)

Tidak ada komentar: