10 April 2009

Mengapa Anda Harus Mempercayai PayPerClick (PPC)?

by: Mas Keke
http//:www.seokita.com

Agak lama saya tidak membahas PPC, semata mata terlalu seringnya saya mengerjakan SEO murni. Bukannya saya tidak pernah melakukan ppc, ppc saya pakai hanya pada situasi tertentu. Semoga tulisan saya di topik ini mampu berbuat banyak untuk membantu Anda yang baru memulai ppc.

Di arena search engine marketing, ada beberapa pemain besar yang bermain di bidang payperclick, banyak orang menyingkatnya dengan PPC. Overture saat ini memiliki jaringan kerjasama yang merangkul Yahoo!, InfoSpace, AltaVista, AllTheWeb dan partner-partner yang lain.

Sementara Google AdWords memiliki sebuah distribusi jaringan yang jauh lebih luas meliputi Google, AOL, About, Earthlink, dan situs-situs yang lain. Meski Microsoft adalah pemain baru dalam pasar ini, sindikasi jaringan yang terbatas menunjukan kualitas jalur trafiic mereka yang tinggi. Untuk menunjukannya, saya cukup akan membeberkan beberapa saja; Google AdWords, Yahoo! Search Marketing, dan Microsoft AdCenter.

Amazon.com memungkinkan Anda untuk beriklan berdasarkan text dalam situs mereka melalui ClickRiver. Meski ada juga beberapa mesin pencari ber-PPC seperti Ask.com, Business.com, Miva, Kanoodle, Enhance Interactive, 7Search, Findology, Search123, Epilot yang mungkin bisa bekerja lebih baik dari Google, Yahoo! dan MSN, namun untuk memulai iklan PPC, saya lebih menyarankan anda untuk menggunakan Google AdWords, Yahoo! Search Marketing, dan Microsoft AdCenter.

Mengapa menggunakan Search Engine Besar yang ber-PPC?

* Hasilnya bisa diukur.
* Laporan yang didapat akan jauh lebih cepat.
* Mereka menawarkan banyak pelacakan dan fitur2 penargetan secara gratis.
* Mesin pencari besar yang ber-PPC pada umumnya menunjukan kualitas traffic yang lebih tinggi dan terhindar dari kecenderungan pencurian data pribadi.
* Jauh lebih sederhana untuk mengatur dua atau tiga account dibandingkan 100 account.
* Lebih mudah untuk melacak ROI (Return of Investment) pada 2 account dibandingkan dengan 100 account .
* Banyak mesin pencari berskala kecil tidak pernah menunjukan traffic yang sebenarnya. Anda akan membuang banyak waktu jika Anda menggunakan mereka.
* Bahkan beberapa mesin pencari yang tampak cukup lumayanpun tidak akan memberikan efek yang signifikan.

Di awal 2004, saya mencoba menggunakan Look Smart. Mereka mengirimkan jumlah traffic dua kali lebih besar dibandingkan yang Yahoo! Search Marketing berikan. Selain itu, traffic dari LookSmart memiliki rata-rata 95% nilai balik. Ini berarti bahwa 19 dari 20 pengunjung situs dari LookSmart secara tiba-tiba pergi begitu saja dan kemudian saya sadari bahwa saya ternyata hanya membayar sebuah sampah traffic.

Kualitas sebuah traffic dari mesin pencari berskala kecil akan sangat tergantung pada beberapa kriteria, tapi akan lebih baik bila Anda bekerjasama dengan pemain-pemain besar sejak awal, dan kemudian, jika Anda memiliki waktu luang, cobalah untuk menggunakan mesin pencari berskala kecil.

Mengapa Anda harus mempercayai PPC?
Contoh Kasus: the Ignorant Bidder
Jika sebuah cara tidak bisa memberikan jaminan bagi Anda, maka tidak akan ada gunanya bagi Anda untuk menggunakan cara-cara tersebut.
Text Box: Ketika Anda menggunakan mesin pencari besar yang ber-PPC, Anda akan dijamin mendapatkan traffic yang bagus, dan tentu saja bisnis Anda akan terukur dengan baik. Mesin pencari berskala kecil memberikan laporan yang kurang akurat, dan beberapa bahkan tidak dapat memberikan kualitas traffic yang baik.

Saya melihat bahwa sulit untuk dipercaya bahwa orang yang membatasi satu dolar per satu klik akan menghasilkan uang. Mereka kemudian menurunkan batasannya hingga 21 sen. Dalam beberapa pasar, akan ada beberapa perusahaan yg akan terjebak di dalamnya, kehilangan uang, dan kemudian bangkrut. Dan seiring berjalannya waktu, kebangkrutan mereka akan menguntungkan pihak lain yang dengan segera mengambil uang mereka akibat jatuhnya posisi pasar mereka.

Beberapa aturan kadang tidak sesuai dengan harga yang dibayarkan untuk kata-kata kunci. Dan jika mereka bernilai, mereka justru akan lebih memiliki nilai pada posisi yang lebih rendah.

Tips untuk Landing Page:
Konversi adalah sebuah bagian penting dari bagaimana suksesnya kampanye sebuah PPC. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan “landing pages” milik Anda:

* Menghilangkan navigasi: kecuali jika penting untuk menghilangkan beberapa opsi. Biarkan orang melakukan apa yang Anda inginkan untuk mereka lakukan, dan jangan berikan mereka pilihan lain.
* Buatlah text link: orang cenderung untuk mengcopy suatu text dibandingkan membacanya secara mendalam kata demi kata. Karena links merupakan tujuan pasti, orang cenderung untuk lebih memperhatikan link text. Pastikan bahwa link text bekerja karena ia lebih jarang sekali dibaca dibandingkan text sebuah halaman.
* Berikan mereka sebuah petunjuk pada bagian paling atas halaman untuk menunjukan bahwa merela berada di posisi yg tepat. Jika anda pedagang besar dgn berbagai macam produk, akan lebih baik bila anda menggunakan “hasil pencarian berdasarkan barang yg ditanyakan”. Biasanya akan lebih baik menuntun orang pd suatu halaman yg tepat dibandingkan dengan halaman utama.

Singkat, padat dan sangat sederhana bermain ppc. Nggak njlimet seperti SEO. Hanya saja Anda harus berhati hati bermain di ppc, jangan sampai Anda membaya traffik sampah atau apa yang harus Anda lakukan untuk membayar sebuah traffik berkualitas. Soalnya pake duit;)… nggak gratis kayak SEO.

Free Links & Buying Links

by: Mas Keke

Garbage Link
Submit ke guestbook dan sejenisnya akan kehilangan relevancy pada search result tiap hari, jadi don’t do it!. Banyak lubang blog software yang mengijinkan melakukan spamming (meski di sana terdapat script spam yang menarik). Beberapa orang berpendapat bahwa google sering melakukan filter berulang pada page dengan file extension dari link.htm atau page lain filepath yang mengindikasikan page telah di buat untuk link exchange.

Pastikan Anda tidak punya link dengan filepath link atau link-link. Di sana banyak tersedia link gratis yang dapat di percaya untuk jangka waktu yang lama, meskipun sedikit sulit untuk di temukan.

Have a Good Idea
Web adalah jaringan social yang besar dimana ide yang bagus akan menyebar dengan natural. Ini jauh lebih cepat untuk menyebarkan ide berharga dari pada memaksakan ide yang buruk. Link adalah sebuah suara suatu site. Ini adalah pujian, ini adalah sebuah tanda, saya menemukan ini di sebelah sini. Mudah untuk di beri tanda dan atau sesuatu yang berbeda akan jauh lebih mudah untuk membangun link campaign tanpa jumlah uang yang banyak atau kerja terlalu keras.

Ini berharga untuk yang mempunyai waktu extra berfikir tentang ide yang bagus yang nantinya akan menyebar dengan sendirinya dengan natural.

http://www.seokita.com

Jangan Berkecil Hati Bila Google Adsense Anda di BAN - Alternatif Adsense!

by: Mas Keke

Contextual Advertising - Perbandingan
Semalem saya dapet kabar dari temen temen yang bermain adsense. Kalo temen temen dapet musibah, ceknya di ban semua. jangan berkecil hati kawan… masih banyak telor yang belum pecah kok;) Alternatif adsense masih banyak, daftar lengkap alternatif adsense ada dibagian bawah tulisan ini. Saya akan coba mereview pemain-pemain utama berikut ini.

Adsense vs Adsonar
Adsense lebih baik dibandingkan dengan Adsonar, ditambah lagi, dengan menggunakan adsonar, iklan-iklannya akan menjadikan website memiliki tampilan “spammy”.
Adsense vs Bidclix
Tidak ada yang bisa dibandingkan. Adsense mengalahkan Bidclix tanpa diragukan lagi, iklan-iklannya keluar dari target.
Adsense vs Clicksor
Adsense membuat Clicksor tampil menggelikan – bayarannya kurang meyakinkan, bahkan sangat jelek. Adsense mengalahkan Clocksor tanpa masalah.
Adsense vs IntelliTXT
IntelliTXT tidak membayar lebih baik dari Adsense, tapi supportnya benar-benar mengagumkan. Kita akan mendapatkan account representative yang akan melayani kita dengan baik dan perhatian atas performa dari website kita. Sangat menyenangkan jika kita punya pertanyaan, dapat langsung menghubungi support representative. Adsense vs. IntelliTXT, support hebat, iklan tertarget, great service!

Adsense Alternative
Tabel diatas mengurutkan setiap contextual advertiser dan hasilnya untuk 1000 klik. Statistik seperti click through rate, clicks and earning per click semua berdasarkan pada kondisi sebenarnya, tapi tetap masih kurang akurat. Setiap harinya dalam seminggu, pengiklan menghabiskan limit dan dapat mengakibatkan statistik ini berubah dalam sehari bahkan setiap jam. Adsense tidak dimasukkan dalam daftar, karena tidak dibolehkan uuntuk mendisplay statistiknya, tp dapat dikatakan program Google Adsense masih tetap yang terbaik.

Berikut daftar alternatif Adsense yang tersedia untuk Anda dalam usaha me-monetize web.

1. Adbrite
2. AdEngage
3. Adgenta
4. Adhearus
5. AffiliateSensor
6. AllFeeds
7. AlternutAd
8. BannerBoxes
9. BidClix
10. Bidvertiser
11. CBProSense
12. Chitika (Falling Fast!)
13. ClicksAdsDirect
14. Clicksor
15. ContextWeb
16. Enhance Interactive
17. ExpoActive
18. Fastclick text ads
19. InfoGrabber
20. Intellitxt (Awesome supprt!)
21. Kanoodle
22. Mirago (out soon)
23. Miva (FindWhat/Espotting)
24. Nixxie
25. Quigo
26. RevenuePilot
27. SearchFeed
28. TargetPoint
29. Veoda
30. Yahoo YPN (In Beta, Awesome payout)

Jadi, kalo adsense google Anda kena Ban… nasehat saya: “jangan meletakkan telor dalam satu keranjang”. Kalo jatuh nanti pecah semua;)) jangan gantungkan pada google adsense online earning Anda.

Cara meLink dari Direktori Site

by: Mas Keke

Beberapa direktori hanya akan melist nama site yang sebenarnya. Saat submitting pada kebanyakan Direktori Anda pasti ingin mendapat listing yang terbaik. Tapi kebanyakan pekerjanya bekerja dengan gratis. Anda harus menyadari jika mereka membantu Anda dengan gratis. Agar kerjaan mereka lebih meyakinkan Anda:

1. Submit site Anda pada kategori yang tepat.
2. Baca directory submission tips.
3. Cek bagaimana site lain pada kategori tersebut masuk list. Jika mereka masuk list karena site title pastikan Anda submit dengan site title yang paling aktual. Jika mereka terlihat sedikit liberal (mengijinkan keyword stuffed listing) Anda mungkin ingin submit dengan lebih liberal dan keyword title yang padat.
4. Gunakan deskripsi yang pas.
5. Perlihatkan masukkan yang lain dalam kategori sehingga Anda dapat melihat style dari listing yang lain.
6. Berusaha untuk menyamai atau melebihi style listing yang lain, tapi sediakan deskripsi detail aktual Anda yang original. Berusahalah untuk betahan pada posisi penjualan Anda yang unik.
7. Ini adalah alasan lain kenapa penting untuk mengambil site name yang mempunyai keyword utama Anda di URL, keyword kaya akan nama domain yang membawa pada keyword yang kaya link dari Directory.

Coba deh;)